Sabut Kelapa Komoditi Ekspor Setelah Disulap Jadi Jok Mobil

tvone

Sabut kelapa di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) yang selama ini hanya menjadi limbah, kini mampu diolah menjadi bahan jok mobil untuk diekspor ke Cina.
Kabag Infokom Pemkab Halbar, Rizal Ismail ketika dihubungi di Jailolo, Sabtu, (5/6) mengatakan, seorang pengusaha lokal di Halbar telah mengekspor sebanyak tiga kontainer jok mobil yang terbuat dari sabut kelapa ke Cina melalui Surabaya.
Pengusaha tersebut kini terus berupayah meningkatkan produksi pengolahan sabut kelapa menjadi bahan jok mobil, karena permintaan ekspor akan produk ini cukup tinggi, meskipun dalam upayanya itu masih menghadapi sejumlah kendala.
Menurut Rizal, salah satu kendala yang dihadapi pengusaha tersebut sampai saat ini adalah terbatasnya suplai listrik untuk menggerakan mesin produksi.
Pemkab Halbar tak bisa berbuat banyak untuk mengatasi keterbatasan suplai listrik tersebut, karena masalah listrk merupakan kewenangan PT PLN. Pemkab hanya sebatas mendesak PT PLN untuk meningkatkan kapasitas listrik di Halbar.

Rizal mengatakan, limbah lainnya dari kelapa di Halbar yang juga bisa diolah menjadi produk ekspor adalah arang tempurung kelapa. Permintaan arang tempurung kelapa dari luar negeri saat ini sangat banyak.

Oleh karena itu pengusaha setempat atau dari daerah lain diharapkan memanfaatkan limbah tempurung kelapa di Halbar menjadi arang tempurung, karena di Halbar tersedia puluhan ribu ton tempurung kelapa setiap bulan yang selama ini hanya dibuang sebagai limbah.

Rizal menambahkan di Halbar juga banyak batang kelapa tua yang bisa dimanfaatkan menjadi bahan meubel atau kontruksi rumah, untuk itu pemkab Halbar mengharapkan ada pengusaha yang mau memanfaatkankanya.

Halbar merupakan salah satu daerah penghasil kelapa di Malut, namun pemanfaatanya selama ini hanya diolah menjadi kopra sehingga belm mampu meningkatkan kesejahtraan petani, karea harga kopra sangat murah yakni Rp4 ribu per kilogram.

Pemkab setempat telah berupaya mencari investor untuk membangun pabrik pengolahan minyak goreng di Halbar atau produk lain dari bahan kopra, tapi sejauh ini belum ada investor yang tertarik, ujar Rizal
Selengkapnya dari tvOne

3 Tanggapan to “Sabut Kelapa Komoditi Ekspor Setelah Disulap Jadi Jok Mobil”

  1. saya penjual kelapa……….tapi bingung mau di jual ke mana ya serabut kelapanya……….cara mengolahnya juga saya masih binging…………….

  2. wah kurang tau juga mas, silahkan googling aja mas banyak ko yang nyari

  3. hendrawan sulaksono Says:

    dimana saya bisa menjual serat sabut kelapa kering..?infonya amat sangat saya tunggu..terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: