Ubuntu 9.10 Nangkring di Laptop

Akirnya kesampaian juga pakai OS Open Source Linuk, setelah bimbang selama hampir 3 minggu antara Windo atau yang lain akirnya ku bulatkan tekat, dengan modal nekat, dengan bantuan dari Ktouch DT 28 plus Opera Mini sebagai media belajarku. Pertama yang akan kucoba adalah Mandriva 2010 yang ku dapat dari tempat penjual software bajakan, langsung deh install aja tanpa menunggu lama, jengg jengg kelar juga nginstallnya dan langsung restart, wuuuiiihh ada yang aneh nie pas loading mau masuk ke GUInya ko ga mau, di tunggu sekian lama tetep ndak mau ya sudah matikan dulu, baru coba lagi nyalain jenggg jenggg tetep gak bisa, kamprett memang ni padahal pas install tadi semua berjalan lancar ga ada erorr atau apa tapi ko tetep gak mau masuk ke GUI, kutakatik lagi Operamini baca-baca di blog-blog, forum-forum tetep gak nemu jawaban, nyerah deh ampuuun.
Malamnya buka Opmin lagi cari-cari lagi dimana kesalahannya ko tetep gak bisa ini, dan hasilnya noolll, gak ketemu malah tambah puyeng iya, dan sampailah ke toko baliwae , register klak-klik akirnya pesen deh CD Ubuntu 9.10 Karmic Koala, dan Majalah linuk eh yang di pesen pun salah, bukan majalah yang lagi ngupas ubuntu malah majalah yang isinya OpenSUSE 11.2 , gak nyambung kan, emang otak lagi gak beres, beberapa hari kemudian pesanan pun datang, dan karena di majalah tadi ada bonus DVD OpenSUSE 11.2 makanya langsung deh installtu OpenSUSE, semua berjalan dengan lancar dan sama seperti waktu install Mandriva gak sampai 15 menit selesai dan restart deh dan memang bener-bener super duper kampretttt, sama cing gak mau masuk GUI, weleh ssalah apa ni aku ko tetep aja gak bisa, padahal dah ngorbanin Windo7 yang udah ada walaupun cuman 3 bulan masa aktipnya dan mesti bawa lagi ke tokonya untuk mengaktifkanya lagi, dan dari masalah itulah ku berani-beraniin pakai OS Open Source, soalnya aku gak punya media ukuran besar untuk menyimpan data-dataku, jika tiap 3 bulan harus bawa ke tokonya lagi untuk backup dataku tadi.
Dan pilihan terakir ada pada Ubuntu 9.10, dengan harap-harap cemas, proses install pun berjalan dan kurang dari 15 menit installan pun selesai, jrengg jrengg horeeeeee akirnya bisa juga jalan dan mau masuk ke GUInya, weleh-weleh ini terjadi memang seperti yang ku baca-baca kalau belum bisa baca mp3 dan video juga wifi belum hidup weleh nambain kerjaan lagi deh, malam sekitar jam 9 menuju kantornya si Oom, untuk mendownload plugin2nya soalnya di rumah lum ada conneksi internet, pertama kali colok pakai kabel lan speedy weh langsung connect dan bisa di pakai, wes simpel juga ternyata, ga seperti yang ku baca2 mesti masuk Terminal rapal mantra, langsung connect boo’, langsung deh cari masalah wifinya, buka Sistem>>Administration>>Software Source langsung deh install dari situ beress wifi langsung aktipp, lanjut ke mp3 dan pidio klik2222 beress bisa bunyi deh. Tetep dengan bantuan K-touch dt28 dan operamini cari-cari tantang ubuntu dan lumayan sekarang sudah gak kaku lagi dengan ubuntu, walau kalau di tanya masalah apt, sudo atau yang lainya lum paham, masih tahap belajar.
Ternyata Linuk gak seseram yang kubayangkan dulu, apa-apa mesti pakai perintah dari terminal, mesti pakai kode-kode, command-command, yang buat nubie pusing ampe beruban. semua gak beda jauh dengan windo7 yang pernah kupakai sebelumnya, kalau gak berani kapan bisa maju, toll gak cing.

3 Tanggapan to “Ubuntu 9.10 Nangkring di Laptop”

  1. mas endar>> Udah kemarin pakai alternate 10.04 , cuman gagal terus install driver vga nvidianya, rasanya mau rontok kepala, dah googling di mana2 gak bisa juga tetep ga jalan 3Dnya, nanti aja skalian nunggu yang final relese aja deh, masih betah blajar pakai yang Karmic

  2. pengalaman tersebut seperti saya saat akan instal linux pertama kali. sudah nyoba ubuntu 10.04? lebih ringan mas.

  3. Laptopnya pake apa ya? Besok-besok, CD Ubuntu bisa dipesen via shipit Ubuntu, gratis (kecuali bayar pajak pos). Atau hubungi kelompok/komunitas pengguna Linux (KPLI) setempat buat dapetin CD gratis dan bisa sekalian nodong support atau troubleshooting. Di tiap universitas biasanya juga ada kelompok studi Linux (KSL). Selamat ber-Linux. Awas ketagihan. 🙂
    @@ pakai compaq cq 40 653tu bos, thanxs saranya, maklum sangat baru ni di ubuntu, cuman modal nekat aja ternyata mantafff, bener bikin ketagihan bos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: