Dukun Cilik “Membawa Korban”

Berita-berita, baik cetak maupun elektronik banyak memberitakan kemunculan Dukun Tiban, di daerah jombang, seorang anak berusia 10 tahun bernama Ponari menemukan batu yang habis di sambar petir, danpada akirnya batu itu di jadikan media pengobatan dengan merendam batu itu dan meminumkanya pada pasien yang datang untuk berobat.
Berita tentang adanya dukun tiban ini cepat menyebar lewat mulut ke mulut, para pasien yang datang bahkan banyak dari luar kota jombang itu sendiri.
Bahkan ribuan pasien datang dari berbagai kota hanya untuk berobat pada Ponari, sementara dari pihak ponari hanya mengenakan biaya seiklasnya atau 2000 rupiah, saking banyaknya pasien yang datang dan harus antri panjang di tempat yang panas, sempit maka musibah itu akirnya datang juga dua orang pasien tewas saat menunggu giliran karena stamina tak kuat.
Fenomena dukun cilik ini memperlihatkan contoh bahwa masyarakat awam mungkin lebih memilih pengobatan alternatif daripada pengobatatan medis. Mungkin dalam pikiran mereka lebih efisien, murah dan gak ribet, biarpun pemerintah sudah mengadakan program Jamkesda untuk masyarakat miskin tapi tetap saja pengobatan alternatif masih menjadi primadona bagi sebagian masyarakat kita, kenapa masyarakat lebih memilih pengobatan alternatif yang berbau mistik?
Korban meninggal sekarang bertambah 2 orang lagi, jadi semua ada 4 korban meninggal saat antri menunggu giliran berobat pada Ponari, semua korban meninggal karena terinjak-injak saat antrian, ribuan pasien sudah berobat pada ponari, menurut tvone sudah 15 ribu orang yang sudah datang berobat ke Ponari, bahakan setiap harinya tidak kurang 1000 orang warga datang untuk berobat, keamanan pun di buat repot.

26 Tanggapan to “Dukun Cilik “Membawa Korban””

  1. Selamat atas kehadiran dik Ponari ….
    Kita tidak perlu permasalahkan dukun atau tidak, karena kita
    tidak tau siapa dan bagaiman dik Pnari itu sendiri,
    yang penting bagi anda yang akan berobat dengan Ponari
    jangan berkeyakinan 100% sembuh setelah berobat, ke doktor puin
    kita tidak ada jaminan akan sehat setelah berobat, cuma niatkan
    dihati anda untuk menjalankan syariat / ikhtiar untuk sembuh, mengenai
    jalannya ke Ponari atau ke doktor sama azha, kalau memang anda sembuh
    setelah berobat ke dik Ponari, itukan titipan dari Allah lewat tangan atau batu dari Dik Ponari, dan sebaliknya kalau anda berobat kedoktor, bisa sembuh juga hanya kebetulan Allah sembuhkan penyakit anda lewat tangan doktor. terimja kasih

  2. komentar saya
    jangan sering dibahas dan di Publikasikan.
    nanti akan hilang sendirinya.
    semua dari allah

  3. aku sih kagak percaya ama batu……
    biar aku miskin……aku gak mau menjual akhiratku dengan batu…………………………

  4. perlu dipertanyakan niat kita……………………………………………………………………………………

  5. peristiwa ponari menjadi acuan citra kesehatan di Indonesia
    bisa jadi kan !!!
    bayangin +-50.000 orang pengunjung…
    berita terkait di :

    asahannews.wordpress.com

  6. setdah ampe makan korban, orang jawa seneng antri yah? antri berobat, antri terima zakat dan sumbangan… kirain antri sembako ajah yg lagi trend…

  7. Leres Mas Go Iyech

    Tiyang Jawo meniko kedah mangertosi jowo, jawi jiwo jiwi njih.
    Sak dereng ipun nyuwun pangapunten.
    Menawi menilai tiyang meniko kudu kedah mawas diri rumiyen, menawi simbah jaman rumiyen kokn nekoni awake dewe dhisik, aku iki arep ngene, ngono wis pas opo durung.
    Pasipun ingkang kados pundi ? mboten nglarani atinipun piyambak utawi tiyang sanes.
    Kulo percoyo dateng sedoyo sedulur, anggenipun Mituhu/Pitados Dateng Gusti Allah, nanging kulo piyambak nembe tahap proses, pemahaman untuk menemukan URIP niki. jadi belum Terwujud. Mulo Proses, Pemahaman meniko dereng wonten ajinipun menawi dereng wonten UJUD. salam dateng Mas Go Iyech

  8. Rahayu

    Wah dik Ponari itu salah satu dari kita, yang dapat kanugrahan.
    Belum Tentu kita-kita ini yg dapat kanugrahan tersebut

    Karena Gusti Allah itu memilih dan ternyata Dik Ponari yang terpilih

    Ujudkan Kanugrahanmu untuk menolong kepada sesamamu ya Dik, terutama yag membutuhkan pertolongan atau disebut yang minta Berkah

  9. Mas mbak sirik niku napa ta?ampun gampil ngecap tiang sanes ngaten niku.menawi Gusti Alloh ngersaaken rak sedoyo saget mawon to,menawi panjenengan priksani kanti saestu jan-jane sedaya namung SABABIYAH kemawon,obat,dokter,kyai,dukun,paranormal namung saget ngobati kemawon,keputusan mari/sembuh namung kagunganipun Gusti Alloh.sepindah malih sedaya niku namung sababiyah kemawon.matur nuwun

  10. Kalau Indonesia punya 100 Punari Indonesia tak usah bikin rumah sakit.

  11. maaf bila kata2 saya sebelumnya salah….saya sekarang mau ngasih solusi seperti diatas…….ayo kalo kita emang bener2 cinta mereka kita sarankan solusi disini………

  12. gok iyech Says:

    mencintai dengan menghina dan mengolok2,,amit mas arik…kulo niki tiang bodo seng mboten ngertos jalan pikir tiang sing pinter pntr,leres kulo tiang seng mboten nate menginjak pendidikan…tapi kulo terisno kalian bongso kulo, bongso jowo bongso nuswantoro,,,cinta manusianya cinta kebudayaan dan sejuta persoalanya..(kesombongan intelektual/rasionalitas yang mas arik kemukakan ) ndamel kulo loro ati bener2 loro ati kulo…amit mas ari:sabelum gusti allah mengenalkan dirinya kepada nabi ibrahim,,orang jawa sudah memiliki sistem ketuhanan yang mapan,,, amit nuwun sewu mas arik yang di cintai allah,,monggo ningali persoalan dari sisi budaya kita budoyo jowo…barang kali kita akan menemukan sisi2 kearifan yang tak di miliki oleh budaya barat /material ,,monggo sami sinau ,,,ngapunten lngkang katah ,,,kulo tiang njombang selatan(tebuireng)

  13. rik,koe wong endi le?omonganmu atos le???koe duduk wong jowo yo?pantes pikiranmu cekak.koen nek ga percoyo,budalo le tak sangoni.supoyo atimu waras.koen anake wong jowo po ora?opo kue lali karo leluhurmu le?

  14. saudara iyech…di blitar tarif dokter umum rata2 25 rb…dokter senior sekali 50rb dengan obatnya….kalo berobat di perawat mungkin ya 15 rb dengan obat….kalo mau yang gratis ada..banyak puskesmas di jawa timur yang tarife cuma 3-5 rb an…di blitar gratis….mau tahu program gratis lagi dari pemerintah untuk orang tak mampu? program jamkesmas…sampai operasi n rawat inappun ditanggung jamkesmas….tapi program ini juga ada keterbatasan…ada orang miskin yang tak terjangkau…tapi ditanggung mas orang miskin yang tak masuk program ini untuk operasi,ato rawat inap ditanggung pemda setempat……tapi program ini untuk orang miskin saja! saya harap yang tidak miskin jangan ngaku miskin demi untuk obat gratis…bisa dilihat banyak kades,perangkat desa disini,bahkan camatpun kalo cucunya opname pgn surat miskin….saya yakin yang kedukun itu juga banyak yang mampu…buktinya? uang transport missalnya untuk nyewa mobil jg banyak…dijamkesmas transport jg ditanggung mas…..insya Alloh tukar pikiran yuk…dengan data yang akurat….. Insya Alloh saya sangat cinta orang miskin seperti Rasulullah mencintai mereka..saya cuma meluruskan keyakinan mereka…karena berhubungan dengan aqidah…kalo syirik..disorga kita jg tak dapat…..padahal sorga yang kita cari…saya tidak meluruskan saja tapi juga solusi….

  15. mau kedokter ..ya allah mahal bgt….harga obat ya allah kerja senMnggu belum tentu cukup untuk obat sehari…. mas ari yang rasional dan di cintai nasip baik,yang hidupmu berkelimpahan,,,,tolong dong sampakan pada menkes kita,,,, TURUNKAN BIAYA KESEHATAN UNTUK ORANG KERRE,,,,,JANGAN SALAH KAMI YANG PERCAYA PADA BATU PADA TAHAYUL,,,TAPI MOHON JANGAN SAKITI ORANG ORANG MISKIN GEPERTI KAMI,,,,DENGAN KOMENTAR YANG TERLIHAT KAKU DAN SOK?PURA2 TAU(padahal ,aku yakin ari orangnya bebal,seperti para wakil rakyat kita ),(ALLAH AKAN MENUNJUKAN JALAN PADA ORANG 2 YANG DICINTAI) allah itu maha tidak lazim

  16. he he he wi untari pengen jadi dukun…beda jauh dukun sama bulan…aku jamin deh batu gak ada apa2nya…mau diadu sama medis? coba bawa aja kerumah sakit kalo bisa nyembuhkan pasien 10% saja dah hebat…ribuan? gak bisa jamin mbak…mereka datang pertama kali to? ada pasien sakit jantung juga matikan…ayo coba bawa ke UGD bisa nyembuhin pasen gawat? pesian kejang? saya jamin pasti meninggal bila pasien gawat gak ditangani medis dulu….pasen yang datang kan yang stabil…tapi kronis…pernah neliti yang sembuh berapa? ayooooo indonesia majuuu jangan kembali kejaman duluuuuuu

  17. @ rohib – bener mas mesti yakin dan niat, tanpa itu susah buat melanjutkan hidup apalagi dalam keadaan sakit semua mesti yakin dan niat kuat untuk sembuh.
    @ arik – bukan goblok kali mas mungkin medis kita terlalu ribet, dan mbulet, serta tetek bengeknya, kita lebih baik menyikapi lebih bijak dengan adanya ini semua
    @ dwi intari – mungkin jika pelayanan bagus gak neko-neko medis akan tetap jadi primadona, bener kata mba dwi dokter kita mesti banyak introspeksi jangan cuma kejar materi doang
    @ billy koesoemadinata- silahkan crosscek langsungh mas
    @ bocahbancar – di bilang dukun karena dianya melayani pengobatan tradisional dan si ponari ini kan bukan dokter, atau di jadikan tabib cilik hehe, betul mas, bisa-bisa tu batu malah di sembah kan gawat,

  18. Hhmmmm…Kenapa harus dibilang dukun..???Kesannya kan dia ini seorang anak yang gag tau apa-apa namun sudah terjerumus dalam dosa..Kok bisa ya iyalah, akhirnya dia lebih percaya sama tuwh batu daripada ama Tuhan yang menciptakan dia(otomatis dunk anak seumuran dia belum bisa mikir mana yang hak dan mana yang bathil)..

    Salam…

  19. dukun?? cilik??

    hmm.. patut dicari kebenarannya dulu nih..

  20. Dwi Intari Says:

    Mungkin yang perlu intropeksi adalah para dokter di Indonesia………
    Mengapa mereka perlu bertanya…
    Mungkin juga realita……
    Banyak yang gak sembuh bila beropbat ke dokter…..udah biaya mahal lagi….
    Jangan kita berpikiran buruk dulu……
    Juga jangan gampang anggap itu sebuah tahayulll….
    Pernah dulu kita gak percaya orang sampek ke bulan….. ternyata setelah akal kita menjangkau hal itu masuk akal…..
    Pernah ada mitos, orang yang sakit jika mau minum air kencing sendiri bakal sembuh,…dan ternyata dari segi kedokteran bahwa terapi air kencing itu ada….

    Lalu sebaiknya…
    Dari segi kedokteran,,,…
    Harusnya batu itu diselidiki…
    Ada unsur apa….kok bisa menyembuhkan penyakit….
    Dan pada kenyataannya banyak yang sembuh……
    Karena gak mungkin ribuan orang bisa datang hanya karena isu tahayyul dan tidak ada buktinya…..

    Semoga ini juga bisa bermanfaat…..
    Kalaupun pada “kenyataan” PONARI bisa membrikan solusi kesehatan bagi masyarakat dengan biaya murah ……dibanding dengan berobat di RS yang katanya dengan askes segala macamnya pada kenyataannya MAHAL ….????

    Apa gak sebaiknya Ponari diangkat menjadi menteri kesehatan aja daripada kita iri???

  21. jaman modern kok percaya dukun,batu….kembali aja kejaman dulu animisme dinamisme,,,gak usah percaya dokter…kabeh neng dukun hi hi hi lucu

  22. orang kok goblok goblok,percaya dukun,percaya batu, gitu kok pengin indonesia spt jepang? ya kembali ke jaman purba animisme dinamisme. gak usah kedokter….he he he ditertawain orang luar negerii

  23. Zaman udah akhir tergantung NIAT kita untuk kesembuhan penyakit kita.
    Berhati hatilah pada kenyataan ZAMAN AKHIRA ini ?????

  24. fdnugroho Says:

    sudah dua orang yang meninggal karena antri pak, Rumiadi (58) warga Kediri, dan Nurul Niftadi (42) warga Jombang. Dan menurut koran Tribun Kaltim kemarin, seiklasnya asal tidak lebih dari 2000 rupiah

  25. masa sih udah ada yang sampai meninggal karena lama nya menunggu giliran pengobatan??
    oh ya pas saya baca di koran ponari alias ari tidak memungut biaya sepeser pun bahkan kalau ada yang memaksa ponari marah
    yang bener yang mana nih??hehehehh,,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: